11 Buku Keren GagasMedia Wajib Baca

Leave a Comment


Sahabat sejati, jodoh, atau soulmate bisa ditemukan di mana saja dan tak seorangpun mampu mengira. Ia datang setelah lama jam kita terbang mengarungi langit pengembaraan, yang kemudian digenapkan dengan adanya pertemuan. Kurang-lebihnya demikian bila bermain pengibaratan. Adalah GagasMedia jodoh yang dimaksud, yang membuat ingin selalu bersua.

Bersamanya, saya dipertemukan dengan karya kreatif pemuas dahaga akan karya-karya yang bermutu. Dan dalam rangka 11 tahun GagasMedia, saya akan merekomendasikan sebelas (match dengan nomor RW (rukun warga) tempat tinggal saya)) karya kreatif wajib baca yang kelahirannya dibidani oleh GagasMedia. Rekomendasi ditulis secara random ya! Angka digunakan sebatas untuk penomoran belaka, karena kita tengah bercengkerama tentang buku, bukan sedang menyimak tangga lagu. :)


1. Kei

Gambar Pinjam dari Sini
Kei merupakan karya fiksi yang ditulis oleh Erni Aladjai. Berkisah tentang konflik di Pulau Kei, Maluku, dalam rentang waktu 1999-2001, unsur lokalitas Kei begitu kuat. Dengan segala kelebihan yang dimiliki Kei, tak salah bila karya ini masuk sebagai karya unggulan Dewan Kesenian Jakarta 2012.
2. Guilty Pleasure
Buku pertama Christian Simamora yang saya baca adalah Good Fight yang terbit Maret 2012 silam. Setelah itu dilanjut dengan buku-buku karyanya yang lain, yang ternyata malah ditulis sebelum Good Fight seperti With You (duet dengan Orizuka), Shit Happens (duet dengan Windy Ariestanty), maupun Macarin Anjing. Ditulis secara blak-blakan bahkan pada titik-titik tertentu cenderung vulgar, malah menjadikan karya-karyanya yang kebanyakan ngomongin soal cinta dan relationship ini memiliki identitas dan selalu ditunggu. Mengekor karya sebelumnya, Guilty Pleasure yang terbit April 2014 ini masih bicara soal cinta. Meski begitu, bukan Christian namanya bila tidak mampu memberi karakter pada “anaknya”.
Gambar Pinjam dari Sini


3. Notasi
 

Gambar Pinjam dari Sini
Novel karangan Mora Quatro ini saya rekomendasikan karena memiliki cerita yang menarik: UGM, kehidupan mahasiswa, organisasi mahasiswa, kehidupan kampus, Yogyakarta, dan… cinta. Mengambil latar belakang tahun ’98-an ini, Notasi juga mengisahkan sejarah pendirian radio kampus yang kini dikenal dengan nama Radio Swaragama FM. Membaca Notasi, membuat saya seperti dibawa kembali pulang: ke kampus UGM. Siapa yang punya kenangan dengan UGM, harus baca novel yang satu ini hahaha…

4. Sabtu Bersama Bapak
Novel karya Adhitya Mulya ini serasa angin segar bagi pembaca macam saya yang menginginkan sesuatu yang lain atas sebuah karya berwujud novel. Tokoh bapak yang selama ini sekadar menjadi figuran, sekarang ditampilkan sebagai tokoh terhormat yang turut menggerakkan jalan cerita. Wajib baca!

Gambar Pinjam dari Sini

5.    Tomodachi

Gambar Pinjam dari Sini
Bagi penyuka novel-novel GagasMedia, terutama yang ditulis oleh Winna Efendi, novel yang terbit Juli 2014 ini tidak boleh terlewat.


6.    Creative Writing

Gambar Pinjam dari Sini

Buku non-fiksi karya AS Laksana ini bisa jadi guru pertamamu bila ingin terjun ke dunia penulisan kreatif. Covernya memang agak menakutkan, gelap, seperti novel horor, tapi yakinlah isinya sangat bersahabat yakni memberi bekal tentang teknik menulis cerpen dan novel. Di dalam buku setebal 210 halaman ini, pembaca bakal menemukan pembahasan mengenai karakter, teknik “show, don’t tell”, dialog, plot, POV, hingga adegan. Harganya cukup murah bila dibanding dengan ilmu yang akan didapat nantinya.


7. Career First

Gambar Pinjam dari Sini
Ditulis oleh Maya Arvini, peraih Young Women Future Business Leader dari Majalah SWA, Career First merupakan buku panduan untuk meraih sukses dalam berkarier.

8. Buku Pintar Cewek Juara

Gambar Pinjam dari Sini
Bila Career First mengajak pembaca meraih karier gemilang, maka Buku Pintar Cewek Juara mengajak pembaca untuk menjadi insan berprestasi. Ada enam chapters dalam buku yang ditulis oleh Putri Indonesia 2008 ini, yakni selamat datang di dunia kompetisi, how to get started?, long way to the crown!, your winning package, should I limit my crown, dan when the crown is yours.

9. Dream Catcher

Gambar Pinjam dari Sini
Siapa tak kenal Alanda Kariza, sosok muda, cantik, banyak pengalaman, sekaligus berprestasi? Lewat Dream Catcher, Alanda mengajak pembaca untuk tidak sekadar bermimpi tetapi juga mewujudkannya.
 

10. Life Traveler

Gambar Pinjam dari Sini
Jangan berharap bakal menemukan cara menuju suatu tempat berlibur impian ataupun berbagai itinerary di dalam buku Windy Ariestanty ini. Life Traveler bukan berisi cerita liburan, shopping, kulineran, dan berburu pernak-pernik lucu. Buku ini lebih menekankan pada sisi lain perjalanan yang mengembalikan manusia ke hakikat yang sesungguhnya. Lewat perjalanan, banyak hal menarik yang ditemukan tetapi malah terlupakan manakala kita lebih memilih berasyik masyuk dengan segala rupa yang membuat kita dilabeli sebagai: wisatawan.

11. Kedai 1002 Mimpi

Gambar Pinjam dari Sini
Kedai 1002 Mimpi mengangkat kisah nyata seorang mantan TKI. Dalam bukunya, Valiant Budi menuturkan pengalaman dan mimpinya yang tentunya menarik bila disimak.

Itu dia 11 buku keren GagasMedia yang wajib dibaca versi saya. Selera menusia memang bisa berbeda, tetapi percayalah, suatu waktu ada semacam benang yang saling menghubungkan dan menjadikan kita membaca buku yang sama.

Selamat membaca!

dan

Gambar Pinjam dari Sini
Selamat Ulang Tahun ke-11 Untuk GagasMedia :)


Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi "11 Buku GagasMedia yang Wajib Dibaca"


0 komentar:

Posting Komentar