RAMADHAN MANIS BERSAMA SI MANIS

12 comments
Marhaban ya Ramadhan, 
Selamat datang, bulan penuh rahmat dan ampunan, 
Selamat datang, bulan yang penuh anugerah, rezeki, nikmat, dan keberuntungan, 
Bulan yang istimewa,
Bulan yang manis.

Kedatangan Ramadhan telah disambut jauh-jauh hari, ditandai dengan hadirnya iklan sirup legendaris di layar televisi. Ramadhan menjadi bulan yang begitu manis karena full rezeki. Aku sendiri dapat rezeki ketika Ramadhan belum menginjak usia setengah bulan. Seolah belum cukup, Ramadhan kembali menurunkan berkahnya bagi keluargaku: adikku diterima bekerja! Sungguh karunia yang besar tiada tara. Do’a khusyuk yang terpanjat saban hari telah didengar dan diwujudkan Tuhan di bulan yang amat baik ini.

Ramadhan pun hadir dengan nuansa khasnya. Tiap kali Ramadhan tiba, suasana kampungku jadi terasa Ramadhan banget. Jelang sahur, sekelompok warga keliling kampung sembari menabuh bebunyian untuk membangunkan warga agar segera bersantap sahur. Kemudian, di sore hari, anak-anak kecil pada ke masjid untuk mengikuti kegiatan Bina Anak Sholeh. Selain itu, muncul aneka makanan dan minuman menu buka puasa yang dijual di lingkungan kampungku.
Sajian berbuka puasa itu dijual oleh beberapa tetanggaku. Menu yang ditawarkan antara lain kolak, es campur, gorengan (tahu jejel, tempe kedelai, tempe koro, tempe gembus, bakwan, tapai), pecel sayur, bihun goreng, cap cay, dan baceman. Harganya murah meriah, enak, dan fresh karena dimasak pada hari penjualan. Para pedagang menggelar dagangan di sore hari mendekati jam berbuka. So, kalau nggak mau kehabisan, ya harus cepet-cepetan. Apalagi untuk hot item. Ibaratnya, makanan laris manis kayak dibagikan gratis heheheh.


Keluargaku pun suka iseng-iseng bikin menu Ramadhan sendiri. Adalah ibu dan tanteku yang jago banget bikin makanan dan minuman serbamanis. Menu favorit kami antara lain puding zebra, puding vla, es campur, dan kolak pisang. Bahan-bahannya dibeli di Pasar Kranggan yang tidak jauh dari rumah atau beli di tukang sayur langganan. Kami membuat dalam porsi besar sehingga bisa nambah sesuka hati. Alhasil, pintu kulkas dibuka-tutup beberapa menit sekali dan gelas-gelas bersendok tak bertuan pun bertebaran di meja makan. Mudah-mudahan saja, pintu kulkas nggak sampai rusak karena diperlakukan nggak manusiawi hahahaha.




Sayangnya, akhir-akhir ini ada yang sukses bikin aku badmood. Gigiku suka “mak cekit” alias ngilu kalau ada makanan atau minuman manis yang lewat di atasnya. Terpaksa, deh, sendoknya ditaruh, makannya berhenti, kemudian sibuk elus-elus pipi huhuhu. Gigi sekitar situ memang pernah berlubang, tetapi sudah ditangani oleh dokter gigi di sebuah rumah sakit. Sakit giginya sembuh dan aku sudah bisa makan dan minum dengan nyaman. Eh, kok sekarang ngilu lagi? Harus diakui, saat ini aku lagi sering-seringnya menikmati makanan dan minuman manis. Selain itu, aku terbilang gemar minum minuman dingin. Sehari-hari, aku minum air bening yang didinginkan di dalam kulkas. Kalau ambil dari cerek rasanya kurang nyesss. Ibuku juga suka membelikan anak-anaknya jajanan manis seperti crackers, biskuit, wafer, cake, kue, roti bakar selai, lupis, klepon, rujak ice cream, terang bulan, dll.


Gigi berlubang disebabkan adanya pertemuan antara bakteri dengan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di dalam mulut dan membuat situasi di dalam mulut yang semestinya basa berubah jadi asam. Kasus gigi berlubang atau karies gigi tidak hanya menimpa anak-anak saja lho, tetapi pada semua orang dari berbagai lapisan usia. Bagian gigi yang berlubang pada anak-anak dan orang dewasa biasanya bagian mahkota gigi, sedangkan pada manula, lubang pada gigi terjadi di bagian akar gigi. Bila dibiarkan tanpa perawatan, gigi yang berlubang akan menjadi pintu masuknya bakteri dan kuman ke dalam tubuh melalui pembuluh darah. Akibat yang ditimbulkan adalah berbagai penyakit yang menyerang organ-organ tubuh seperti jantung, ginjal, lambung, paru-paru, dan lainnya. Demi mencegah agar gigi tidak berlubang, maka kebersihan gigi harus dijaga, yakni dengan cara rajin menyikat gigi memakai pasta gigi dua kali sehari, pagi dan malam hari.

Berawal dari yang manis inilah aku berkenalan dengan Systema. Adikku yang menyarankan agar mencoba produk perawatan gigi Systema dari Lion Jepang yang untuk pasar Indonesia diproduksi oleh PT Lion Wings. Tadinya aku nggak kenal apa itu Systema. Waktu belanja ke supermarket, adikku yang biasanya lebih suka nunggu di parkiran mau diajak masuk. Wah, tumben-tumbenan, nih, pikirku. Ternyata si adik mau memperkenalkan produk Systema kepadaku. Di depan rak gondola putih yang memajang aneka pasta gigi dan mouthwash, dia menunjukkan berbagai produk Systema yang saat itu lagi komplet-kompletnya.

Rangkaian produk Systema terdiri atas sikat gigi, pasta gigi, dan mouthwash. Pasta gigi Systema tersedia dalam dua varian: spring fresh (kemasan warna pink) dan menthol breeze (kemasan warna biru) dan berukuran 75g, 120g, dan 190g. Untuk mouthwash, terdapat tiga varian yakni menthol breeze, spring fresh, dan green forest. Kalau pengin perawatan lengkap, bisa sekalian pakai sikat giginya. Tinggal pilih, mau yang regular (gagang dan bulu warna pink) atau yang big head (gagang dan bulu warna biru). Belajar singkat di tempat, aku langsung memutuskan untuk membeli Systema pasta gigi dan mouthwash sekaligus. Beruntungnya aku, ada paket promo berupa Systema antiseptic mouthwash spring fresh ukuran 250 ml digabung dengan pasta gigi Systema nano menthol breeze ukuran 75g. Paket hemat duo Systema tersebut harganya Rp12.440 saja! Bungkusss!


Pasta gigi Systema nano memiliki berbagai macam keunggulan, yakni fast action system, deep clean & protect with nano calcium. Menurut informasi pada kemasan, pasta gigi Systema nano yang mengandung nano calcium, erythritol, dan micro foam mampu memberikan delapan perlindungan terhadap gigi dan mulut*):
  1. Membantu memperbaiki gigi berlubang dalam dua minggu, 
  2. Membantu memperkuat gigi dan enamel gigi, 
  3. Membunuh bakteri, 
  4. Membantu mengurangi plak, 
  5. Menjaga gusi tetap sehat, 
  6. Menetralisir asam di mulut, 
  7. Mengurangi bau mulut, dan 
  8. Melindungi gigi secara menyeluruh.
Adapun Systema mouthwash warna pink-ku ini mengandung fluoride, IPMP, dan GK2 yang berguna untuk melindungi kesehatan rongga mulut**). Fluoride berguna sebagai benteng pertahanan terhadap bakteri penyebab masalah gigi berlubang.

IPMP**) berkhasiat untuk:
  1. Membunuh bakteri (menembus lapisan biofilm terdalam) dan melindungi gigi,
  2. Mencegah penumpukan plak pada gigi, 
  3. Melawan dan mencegah bau nafas tak sedap.
GK2**) berperan untuk: 
  1. Melindungi gigi dan gusi dari penyakit periodontal, dan 
  2. Mencegah radang gusi.
Hmmm… bisa jadi ngilu yang aku alami mungkin karena kurang merawat kesehatan gigi dan kebanyakan mengonsumsi makanan dan minuman manis sehingga ada lubang keciiilll di gigiku. Duh, jadi khawatir lubangnya bertambah besar, padahal aku ini paling anti kalau ke dokter gigi. Masuk ke ruang praktik dan melihat alat-alatnya itu bisa bikin jiper Sodara!

Makanya, aku memilih berteman dengan Systema. Pasta giginya cepat lumer dan menyebar rata di seluruh bagian rongga mulut sehingga tidak ada yang jatuh ke lantai atau washtafel. Dengan kandungan nano calciumnya, Systema nano mampu melindungi gigiku dan menutup si lubang nano dalam waktu empat belas hari. Kemampuannya menetralisir asam di mulut mampu mencegah terjadinya gigi berlubang. Untuk perlindungan sempurna, selesai menyikat gigi, kulanjutkan dengan berkumur menggunakan Systema antiseptic mouthwash spring fresh. Napas segar, gigi bersih, terhindar dari gigi berlubang.

Aku pun siap menyambut datangnya Lebaran dengan penuh sukacita. Tak sabar rasanya pengin segera silaturahmi ke rumah tetangga sehabis Salat Ied. Saat silaturahmi, biasanya tuan rumah menyediakan berbagai hidangan. Kata tetanggaku, kalau nggak nyicip, nggak boleh pulang. Nah, sebagai tetangga yang manis dan tahu tata krama bertamu, hidangan yang tersaji pun dicicipi, kalau perlu toplesnya diangkut sekalian (yang ada isinya lho ya!). Tak perlu khawatir merasa ngilu di saat makan dan minum. Kan, sudah pakai Systema.

Systema, solusi manis untuk gigi sehat antilubang. :)


Referensi
  1. http://health.kompas.com/read/2013/09/24/095358/Bahaya.Membiarkan.Gigi.Berlubang ~ 16 Juli 2014 6:13 PM 
  2. http://www.menshealth.co.id/kesehatan/waras/jangan.sepelakan.gigi.berlubang/004/003/26 ~ 16 Juli 2014-6:15 PM
  3. http://meetdoctor.com/article/mengatasi-gigi-berlubang#
    16 Juli 2014-6:18 PM
  4. http://majalahdokterkita.com/content/akar-gigi-berlubang
    16 Juli 2014-6:24 PM
  5. http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/cegah.gigi.berlubang/001/007/966
    16 Juli 2014-6:41 PM
  6. http://www.systemasolution.com/products#nano ~ 18 Juli 2014-8:14 PM
  7. http://www.systemasolution.com/products#mouthwash ~ 18 Juli 2014-8:16 PM
*) Info seperti yang tertera pada label kemasan pasta gigi Systema nano
**) Info seperti yang tertera pada label kemasan Systema antiseptic mouthwash spring fresh

Tulisan ini diikutsertakan dalam Systema Blog Competition "BERAWAL DARI YANG MANIS" 


12 komentar:

  1. Pingin es buahnya :9 *ngences*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Es buahnya emang enak & manis. Dibuat dari buah-buahan dan sirup buatan sendiri. Bikin sendiri dalam porsi besar, biar bisa nambah sesuka hati. Kalau beli, kan, harus bayar. Naa, ini gratis. Karena es buah ini, orang rumah rajin sliweran di sekitar ruang makan dan buka-tutup pintu kulkas. Kasian amat kulkasku. Pukpuk kulkas. :D

      Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa share cerita #BerawalDariYangManis ala kamu ya. Mumpung masih ada kesempatan. @SystemaSolution :)

      Hapus
  2. ramadhan yang penuh berkah ya mbak, smoga kali ini lombanya juga berkah.. good luck ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nih, Mbak. Dikasih rezeki pas Ramadhan.
      Ramadhan memang bulan yang manis. Mbak Susan suatu saat nanti bakal merasakan kayak saya, dapat rezeki pas Ramadhan. Atau malah sudah?
      Terima kasih udah main ke rumah saya. Sering-sering main ke sini ya, Mbak. Mohon doanya juga ya.
      Oh, iya, jangan lupa, ikutan juga. Linknya ada di bagian akhir artikel ini.

      Hapus
    2. hehe rejeki ramadhan.. semoga dapat juga hehe... Amin..makasi infonya

      Hapus
    3. Masih ada beberapa hari so masih ada harapan hehehe.
      Iya, sama-sama :)

      Hapus
  3. People say "Berbukalah dengan yang manis". The best source of sweetness is in fruit, not sugar. So, I always get water and fresh fruits for my fasting break, not kolak or es buah, hehehe...;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Rachel, welcome to my maya home: aksaratri.blogspot.com. Thank you for stopping by, yet, deeply sorry if you found nothing inside hihihi

      Well, actually I go with your opinion above. It's very good if you have habit of consuming fruit. Do not forget to spread that good habit to your schoolfellow or friends :)

      FYI, my family and I love consuming fruit especially my first-lil brother, he's a fruit addict. Although not everyday, my mother have habit of spending fruit, whether in the market or vegetable seller, Mr. Slamet and I myself used to drink more water than drinking syrup or other sweet drinks. But, sometimes, we need to taste sweet foods.

      As reminder, I hold tight the key: be wise and know the proportion. If violated, be ready that my own body alarm would be "beep-beep" then :)

      Very warm regards

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Mantap sekali ulasannya ttg Systema Nano...mudah2an membawa berkak sukses dgn GA-nya.. Satu hal yang aku suka, itu lho...kolak, puding dan es buab itu menggugah seleraku... Untungnya aku selalu sedia Systema Nano.. Setelah menyantap makanan yg manis2 segeralah menggosok gigi pakai pasta gigi tsb.. InsyaAllah masalah gigi ngilu bisa teratasi..

    BalasHapus
  6. Terima kasih, Bu Rita. Saya cuma cerita apa adanya saja, berdasar pengalaman selama ini. Kolak, puding, dan es buah semuanya bikinan sendiri, eh, maksud saya bikinan ibu sama tante saya. Saya cuma kebagian makan aja.

    Betul, untuk antisipasi, perawatan gigi harus dilakukan. Berawal dari yang manis, setelah mengkonsumsi makanan manis, saya sikat gigi dengan pasta gigi Systema fast action system, deep clean & protect with nano calcium. Gigi bersih, bakteri pun mental! :D

    Biar maksimal, saya kumur pakai mouthwash Systema juga untuk menjaga kebersihan rongga mulut dan agar napas tetap segar. Kalau sehat gitu, kan, mau ngobrol dekat-dekat sama teman nggak bakal ada yang jaga jarak sama kita.

    Terima kasih sudah mampir. :)

    BalasHapus
  7. Tulisan ini terpilih sebagai Pemenang Pertama Systema Blog Competition "BERAWAL DARI YANG MANIS"

    Silakan kunjungi http://www.systemasolution.com/activities/systema-blog-competition

    Regards,
    Ratri Puspita (@ratweezia)
    Pemilik Rumah

    BalasHapus