Lebaran 3 in 1

3 comments
Allaahu akbar… Allaahu akbar…
Laa - ilaaha - illallaahu wallaahu akbar.
Allaahu akbar walillaahil – hamd
Gema takbir membahana, mengisi ruang semesta dan relung hati yang siap menyambut datangnya hari kemenangan. Atas limpahan rahmatNya yang terus mengalir, tahun 2014 masih diperkenankan bertemu Idulfitri 1435 H setelah berhasil menahan lapar dan dahaga serta mengalahkan hawa nafsu sebulan lamanya. Lebaran menjadi momen puncak penantian atas dua belas bulan lamanya.

Tahun ini 1 Syawal 1435 H jatuh pada 28 Juli 2014. Keinginan untuk ngumpul bareng keluarga besar dan orang-orang terdekat menuntun para perantau kembali ke kampung halaman, rela menempuh perjalanan panjang, berjibaku dengan macet, tiket mahal, dan berbagai halang-rintang yang jamak terjadi jelang arus mudik, saat arus mudik, hingga arus balik. Tradisi mudik (dari kata dasar: udik “desa, dusun, kampung”) pada hari Lebaran memang masih menjadi semacam konduktor guna menyemai bahagia dan kebersamaan.

Manisnya Idulfitri di tengah-tengah keluarga besar sungguh dirindukan oleh siapa pun, terlebih mereka yang tinggal berjauhan dan jarang ketemu dengan sanak saudara. Terangkai sudah rencana indah yang siap diretas bersama di kampung halaman, memupuk kenangan manis yang ‘kan disimpan di tempat terbaik di dalam ingatan. Hikmah Lebaran dirasa kemudian: Lebaran sebagai ibadah, Lebaran sebagai turning point manusia, Lebaran sebagai momen meminta dan melepas maaf, Lebaran sebagai saat berbagi rezeki, Lebaran sebagai saat wujudkan silaturahmi yang tertunda, Lebaran sebagai sarana mempererat persaudaraan, Lebaran sabagai saat tepat untuk mengakrabkan diri dengan keluarga, Lebaran untuk liburan. Lebaran pun kerap dijadikan “tebengan” untuk reuni bareng teman-teman sekolah. Di luar itu semua, keistimewaan Lebaran terletak pada saat sungkem atau saling bersalaman, sambil berucap, “Sugeng riyadi, nyuwun pangapunten sadaya kalepatan.”

Rona Idulfitri tidak hanya terletak pada ritual mudik, kumpul keluarga, memakai baju Lebaran,
Salat Id, maaf-maafan, sungkeman, silaturahmi, atau liburan semata. Masih ada satu hal lagi yang mengingatkan kita akan datangnya Lebaran, yang menjadi petanda bahwa, “Ini lagi Lebaran”. Coba tebak, apa hayo? Betul! Makanannya. Ya, sajian khas Lebaran tak kalah dirindukan. Memang, bisa saja menu tersebut dibuat di luar Lebaran, tetapi bakalan kurang afdal, kan? Menu Lebaran cocoknya ya disajikan pas hari raya. Bagaimana dengan Anda? (Silakan, kita bagi-bagi cerita. Ketik di kolom komentar di bawah ini. Feel free to share, ok!)

Meski secara khusus tidak merayakan Lebaran, tiap kali jelang Lebaran, ibuku sudah mulai merancang menu Lebaran sederhana. Benar saja, mendekati Lebaran, beliau mulai belanja kebutuhan memasak, seperti beli kelontongan ketupat, beli ayam potong, dan pernak-pernik memasak lainnya, termasuk arang sebagai bahan bakar memasak si ketupat. Kemudian, pada hari pertama Idulfitri, tersajilah ketupat, opor ayam, sambal goreng krecek, dan emping goreng buat dimakan rame-rame. Sebagai pelengkap, ada kurma dan es buah made-in tanteku. Kebiasaan bikin menu Lebaran sudah berjalan sangat lama sejak para eyang masih ada. Dan rupanya, kebiasaan tersebut tidak hanya terjadi pada keluargaku saja. Salah seorang tetanggaku, Mbak Bian juga bikin menu Lebaran untuk keluarganya. Habis dari gereja, ibu dua orang anak itu buru-buru pulang karena mau masak opor hehehe. Kalau dipikir-pikir, pas Lebaran, orang sekampung menu intinya nyaris sama: ketupat-lontong-opor-sambal goreng krecek atau ati hihihi. Kompakan ya!

Menu Lebaran ala Keluargaku. Sederhana tapi Rasanya... Uenakkk. Bikin Nambah Terus.
Foto: Dokumen Pribadi
Diceritakan di paragraf sebelumnya jika sebagai pelengkap opor ayam dan kawan-kawannya, tersedia kurma dan es buah. Makanan dan minuman manis itu nangkring cantik di dalam kulkas. Ternyata kurma dan es buah tidak diizinkan hanya dingin-dinginan berdua. Datanglah biskuit, wafer karamel krispi coklat, dan bola-bola coklat menemani. Semuanya manis dan menggoda. Bikin kepincut berat dan pengin nyomot terus. Tak dipungkiri, dengan bertambahnya penghuni kulkas, seisi rumah pun sering bolak-balik buka-tutup kulkas untuk mengambili si manis. Yummy banget, sih! Wah, kalau nggak terkendali, bisa-bisa kesehatan terancam. Berat badan naik dan… olala… gigi pun bakal bermasalah!
Yang manis... Yang Manis...
Untung Ada Systema, Nggak Perlu Khawatir, deh!
Foto: Dokumen Pribadi

Bicara urusan gigi, apa yang kukhawatirkan ternyata sudah menimpa salah seorang teman. Berawal kena godaan makanan manis, ujung-ujungnya dia mengeluh sakit gigi. Tentu saja aku nggak mau seperti dia, apalagi dalam suasana Lebaran seperti saat ini. Di postingan sebelumnya (baca di sini), aku pernah cerita kalau gigiku suka ngilu bila makan makanan manis. Untunglah, sejak pakai produk perawatan gigi mulut Systema, yang terdiri atas pasta gigi dan mouthwash, ngilunya sekarang sudah berkurang. Pemakaian produk Systema pun kuteruskan untuk mencegah ngilu dan gigi berlubang, dengan catatan aku tetap mengendalikan konsumsi makanan manis. Aksi “jaga gigi” bersama Systema betul-betul berbuah manis. Selama Lebaran gigiku fine-fine saja. Aku pun bisa menikmati Lebaran tanpa dibayangi masalah gigi dan mulut. Systema gitu lho!
Systema 3 in 1, Siap Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulutku
Foto: Dokumen Pribadi

Produk Systema telah terbukti khasiatnya dan tentu saja cocok kupakai. Pasta giginya langsung lumer begitu diaplikasikan ke gigi sehingga seluruh pasta yang dituang ke sikat gigi 100% terpakai. Residu pemakaian pasta gigi Systema hanya berupa busa. Mouthwashnya juga mampu mengurangi bau mulut yang bikin aku nggak pede. Eh, lagi rajin-rajinnya merawat gigi, ada kejadian menyebalkan. Sikat gigi kesayanganku jatuh pas lagi dipakai gosok gigi di kamar mandi! Ngomellah aku. Sebal sama diri sendiri yang nggak hati-hati. Masa cuma pegang sikat gigi aja nggak becus. Terpaksa ritual sikat gigi disudahi. Mau tidak mau, sikat gigiku itu harus ganti baru, karena sikat gigi yang telah jatuh ke lantai kamar mandi tidak layak dipakai kembali.
 
“Mungkin, sudah saatnya ganti,” ujar ibuku masygul gara-gara omelanku yang tidak kunjung menemukan tanda titik. Iya, ya, mungkin ini yang namanya blessing in disguise. Belakangan aku teringat, bila sikat gigi itu usianya sudah sepuh (Jawa: tua) banget. Seingatku, lebih dari enam bulan apa mungkin malah setahun ya, aku nggak ganti sikat gigi hihihi lalai ya! Percuma, dong, rajin gosok gigi, tetapi alatnya lama nggak ganti. Padahal, tahu nggak?

1. Idealnya, dalam kurun waktu satu tahun, kita harus ganti sikat gigi kurang lebih sebanyak empat kali, sebab, usia pakai sikat gigi itu hanya tiga bulan. Lebih dari itu, sebaiknya sikat gigi harus pensiun. (Nggak salah, kan, kalau kubilang sikat gigiku sudah sepuh sangat hahaha.)

2. Selain dari segi waktu dan kondisi fisik sikat gigi, ada beberapa hal lainnya yang membuat kita harus segera mengganti sikat gigi.
a. Bulu sikat gigi mulai atau sudah renggang (njeprak) dan berubah warna,

b. Jatuh, entah disengaja atau tidak,
c. Habis sakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri,
d. Saling menempel dengan sikat gigi milik orang lain,
e. Setelah pulang dari bepergian.

Tidak hanya dua hal tersebut di atas, masih ada yang perlu diketahui seputar sikat gigi, yakni:

1. Gunakan sikat gigi berkepala kecil yang mampu menjangkau setiap sudut pada gigi atau rongga mulut,
2. Jangan memakai sikat gigi orang lain,
3. Letakkan sikat gigi di tempat yang kering,
4. Jangan meletakkan sikat gigi terlalu dekat dengan toilet,
5. Simpan sikat gigi dalam keadaan bersih setelah usai digunakan,
6. Jangan menyimpan sikat gigi ramai-ramai dengan milik orang lain.
Kejadian yang kualami kuanggap semacam peringatan keras agar segera ganti sikat gigi. Tapi… sikat gigi yang cocok bagiku apa ya? Petunjuk didapat ketika berada di dalam kamar mandi. Di atas rak kaca tempat meletakkan sabun, sampo, lulur, dan peralatan mandi lainnya, mataku berserobok dengan duo produk perawatan gigi Systemaku yang berada di sana. Aha! Kenapa nggak sekalian pakai sikat gigi Systema? Tapi, kok, pede amat pilih sikat gigi Systema? Kan belum pernah pakai? Kan belum kenal dekat? Dari mana tahu kalau Systema cocok? Tahu sendiri, kan, nggak boleh coba sikat gigi di supermarket. Testernya pun nggak pernah ada, kan? (Kalaupun ada testernya, tetap saja emoh nyobain hahaha.) (Yuk, kasih masukan sikat gigi yang ok berdasar pengalaman teman-teman. Jawabannya diketik di kolom komentar.)

Iseng-iseng berhadiah, aku coba cari tahu sikat gigi yang baik itu seperti apa, sih? Menurut informasi yang didapat, berikut poin-poin yang harus diperhatikan ketika memilih sikat gigi:

1. Pilih sikat gigi yang memiliki ukuran sesuai bentuk rahang pemakainya,
2. Pilih sikat gigi yang nyaman digunakan,
3. Pilih sikat gigi yang memiliki kemampuan membersihkan secara optimal,
4. Pilih sikat gigi yang berbulu sikat lembut,
5. Pilih sikat gigi bergagang lunak agar anti slip ketika tengah dipakai.

Aku pun “terbang” ke supermarket terdekat untuk mencari sikat gigi Systema. Lagi-lagi aku beruntung, supermarket tersebut menjual rangkaian produk Systema: pasta gigi-mouthwash-sikat gigi. Komplet! Berhubung stok pasta gigi dan mouthwash masih cukup untuk pemakaian ke depan, aku hanya beli sikat gigi Systema saja. Langsung beli dua buah: regular bulu-gagang biru dan big head bulu-gagang hijau. Regular bulu-gagang biru kupakai sendiri sementara big head bulu-gagang hijau buat jaga-jaga seandainya ada yang membutuhkan sikat gigi baru. Spesial bagi pembaca artikel ini, saya share informasi berkaitan dengan sikat gigi Systema.

Systema Power Clean-Advanced Oral Care System Regular Biru Milikku. (atas)
Sikat gigi Systema yang Tersedia di Supermarket. (bawah)
Foto: Dokumen Pribadi
Berdasar informasi pada bagian belakang kemasan, sikat gigi SystemaPower Clean-Advanced Oral Care System yang bulu ujungnya berdimensi 0,02 mm ini hadir dengan berbagai kelebihan*):
1. Bulu sikat khusus untuk menjangkau dan bersihkan lebih baik,
2. Bulu sikat Micro-Clean memiliki daya bersih superior sepanjang garis gusi dibandingkan bulu sikat biasa,
3. Leher sikat dirancang panjang dan ramping yang memudahkan pencapaian daerah mulut terdalam,
4. Gagang anti slip.
Keunggulan Sikat Gigi Systema
Gambar: Pinjam dari Sini

Banyak Pilihan Warna Sikat Gigi Systema. Mau Pilih Warna Apa? (Kanan-Kiri)
Kolase "Love" Systema 3 in 1: Sikat Gigi-Pasta Gigi-Mouthwash (Tengah)
Foto: Dokumen Pribadi
Tersedia dua jenis produk Systema sikat gigi: regular (kemasan warna pink) dan big head (kemasan warna biru). Biar makin semangat sikat gigi, Anda bisa pilih sesuai warna favorit: bulu-gagang biru, bulu gagang hijau, bulu-gagang orange, atau bulu-gagang pink. Soal harga, masih terjangkaulah. Sebagai gambaran, waktu aku beli, harganya Rp7.690. Bila dibandingkan dengan manfaat yang bakal didapat nantinya, harga segitu terhitung masih murah meriah, kan?

Ketika sikat gigi Systema Power Clean-Advanced Oral Care System Regular mulai kugunakan, ada sensasi berbeda yang dirasa. Bulu sikat giginya halus,
leher dan kepalanya yang kecil bergerak lincah menjangkau setiap sudut bahkan area mulut terdalam sekalipun, serta gagangnya lentur mental-mentul anti slip. Lucunya, saat pertama kali pakai sikat gigi Systema, aku sempat khawatir gagangnya bakalan patah karena kelenturannya. Ternyata, aman-aman saja, tuh! Nyaman banget pokoknya! Terbit sesal kenapa baru sekarang ketemu sama sikat gigi yang enak banget macam Systema. Kok nggak dari dulu. Aku sangat menikmati saat-saat menyikat gigi dan hal ini jelas sangat menguntungkan bagiku. Dengan rajin menggosok gigi, banyak manfaat diperoleh, di antaranya:

1. Menghilangkan plak,
2. Mencegah timbulnya karang gigi,
3. Mencegah terkena penyakit jantung, stroke, radang gusi, radang paru-paru,
4. Untuk ibu hamil, akan menjaga kesehatan bayi di dalam kandungan,
5. Sebagai pengendali nafsu makan,
6. Mengurangi risiko atas penyakit Alzheimer (pikun),
7. Menurunkan risiko penyakit impotensi,
8. Memperbaiki penampilan.
Paket Lengkap Systema, Produk Oral Care Berkualitas dari PT LIONWINGS
Foto: Dokumen Pribadi
Berawal dari yang manis, aku ketemu dengan Systema dan berkat Systema pula, aku tidak perlu khawatir makan-minum yang manis lagi. Pasta gigi-mouthwash-sikat giginya akan membentuk formasi 3 in 1, saling kerja sama, dan mengeluarkan jurus ampuh bernama Lebaran 3 in 1.  *terinspirasi dari cerita super hero* :D

Hellow
kuman dan kawan-kawannya, udah packing belum?

Hati-hati ya, ada Systema 3 in 1. :D


***
 

Referensi:
1. Mudik, Yuk! Liputan Khas, Femina, Majalah, No. 28/XLII, 12-18 Juli 2014 
2. http://systemasolution.com/products#toothbrush,
16 Agustus 2014 ~ 8:36 PM

3. http://artikata.com/arti-355610-udik.html,
16 Agustus 2014 ~ 8:13 PM

4. http://www.kabar24.com/health/read/20140501/52/217601/tips-memilih-sikat-gigi-yang-baik-bagi-kesehatan-gigi, 1 Agustus 2014 ~ 2:07 PM
5. http://www.menshealth.co.id/kesehatan/antar.kita/cara.sikat.gigi.yang.benar/004/004/169,
1 Agustus 2014 ~ 2:13 PM

6. http://www.tempo.co/read/news/2013/05/15/060480605/4-Saat-yang-Tepat-Mengganti-Sikat-Gigi,
1 Agustus 2014 ~ 2:21 PM

7. http://intisari-online.com/read/gantilah-sikat-gigi-anda-3-bulan-sekali, 1 Agustus 2014 ~ 2:40 PM
8. http://webkesehatan.com/sikat-gigi/#,
1 Agustus 2014 ~ 2:51 PM
9. http://systemasolution.com/oral-care-tips/faq,
1 Agustus 2014 ~ 3:23 PM
10. http://systemasolution.com/oral-care-tips/faq,
1 Agustus 2014 ~ 3:25 PM
11. http://systemasolution.com/oral-care-tips/faq,
1 Agustus 2014 ~ 3:26 PM
12. http://id.wikipedia.org/wiki/Sikat_gigi, 1 Agustus 2014 ~ 3:58 PM
13. http://health.detik.com/read/2012/09/14/155436/2019693/766/8-manfaat-gosok-gigi-yang-tidak-ada-hubungannya-dengan-gigi, 1 Agustus 2014 ~ 4:14 PM

*) Diketik ulang dari keterangan pada bagian belakang kemasan sikat gigi Systema Power Clean-Advanced Oral Care System Regular



Artikel ini diikutsertakan dalam Systema Blog Competition "BERAWAL DARI YANG MANIS"




 

3 komentar:

  1. Tanggal 20 Agustus 2014 kemarin, ibuku beli Tabloid Nova dan dapat bonus pasta gigi Systema Nano Advanced Oral Care System-Menthol Breeze ukuran 30g. Senangnyaaaa... :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Heheheheh, iya, Mbak. Jangan setengah-setengah kalau berkarya.
      Kalau pas jalan-jalan ke supermarket, jangan lupa beli oral care Systema dari Lion. Rasakan manfaatnya kemudian.
      Terima kasih sudah berkunjung. :)

      Hapus