Kenapa Saya Harus Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut?

2 comments

Kejutan dari Systema

10 November 2014 lalu, saya dapat kejutan dari Systema Solution (selanjutnya disingkat Systema). Benar-benar kejutan, karena saya nggak ngerti ikut kompetisi apa, kok, tiba-tiba dinyatakan sebagai pemenang. Itu pun tahunya nggak sengaja, soalnya saya, kan, berteman baik dengan Systema Solution di Facebook. Pihak Systema kasih pengumumannya di Facebook, tapi alamat yang dicantumkan adalah alamat palsu akun Twitter saya. Hahaha. Agak lucu juga, sih, but it's ok. Mungkin inilah yang disebut rezeki akhir tahun. Kalau memang sudah jadi rezeki, mau diumumkan lewat mana saja tetap terdetect.*endus-endus*

Hore! Dapat Hadiah dari Systema Solution
Foto: Pinjam dari Sini
(Tanda "Tick" Tambahan dari Penulis)

Usai membaca pengumuman, saya langsung obrak-abrik akun media sosial saya, Twitter dan Facebook. Penasaran banget, kira-kira apa yang pernah saya lakukan ya? Harap maklum, inilah akibatnya kalau keseringan ikut kuis, giveaway, dan semacamnya. Dan saya nggak mau lho, disebut mahabut (makan hadiah buta). Maksud saya, begitu tahu kuis atau giveaway yang pernah diikuti, saya bisa langsung say thank's to Systema. Sayang, hingga mata sepat kelamaan melototin layar komputer, tak jua menemukan kompetisi yang dicari. Saya cuma nemu ini, nih!



Kalau memang benar, saya mengucapkan terima kasih banyak. Systema sayang banget sama saya dengan memberi "sponsor" berupa produk perawatan gigi dan mulut. Sebagai bentuk penghargaan, saya akan total merawat kesehatan gigi dan mulut, biar hadiah dari Systema nggak sia-sia. Sekali lagi terima kasih. 

 Sponsored by Systema :)
Thank's a Bunch! MwaMwa

Cerita Sedikit Aja

Hadiah dari Systema datang tepat pada waktunya. Sikat gigi sudah saatnya diganti. Pasta gigi pun sudah hampir habis. Tiap kali mau gosok gigi, tube-nya kudu diplirit-plirit biar pasta gigi mau naik dan bisa dituang ke sikat gigi. Saya memang berusaha merawat kesehatan gigi dan mulut 'till drop biar terhindar dari gigi berlubang, bau mulut, dan penyakit lainnya. Alasan lainnya adalah, biar nggak sering-sering ketemu dokter gigi. Hiii... takut!

Menulis "dokter gigi" saya jadi teringat kejadian sekitar awal-awal tahun 2011 silam. Saya harus periksa ke dokter gigi. Sebetulnya, jauh hari sebelum hari dan tanggal periksa, saya sudah merasakan sakit gigi akibat berlubang. Namun, tiap kali kambuh, saya lebih memilih minum obat penghilang nyeri ketimbang periksa ke dokter gigi. Sekali minum obat penghilang nyeri tersebut, sakit giginya berkurang bahkan hilang. Saya pun ketagihan. Tiap kali terasa nyut-nyutan, obat tersebut dijadikan solusinya.

Why oh why?

Alasannya sangat nggak mutu buat perempuan seumuran saya: takut sama alat-alatnya! Hanya dengan mendengar dan melihat jejeran alat-alat di ruang pratik dokter gigi saja, mental langsung drop, dengkul lemas, kuku-kuku nyeri cekit-cekit, dan keringatan. Nggak bakal daftar jadi pasien dokter gigi kalau nggak terpaksa banget. Ada "tahapan" yang harus dilalui sebelum akhirnya memutuskan, "Okay, saya mau ke dokter gigi."

Sampai pada suatu ketika, saya pun menyerah. Lebih tepatnya dipaksa menyerah. 

Nggak ada jalan lain. Harus ke dokter gigi, nih! Dari rumah, saya menata hati, pikiran, dan mempersiapkan mental. Saya pikirkan yang baik-baik saja, seperti, "Habis ini bisa makan dengan nyaman lagi.", "Kalau giginya nggak berlubang, nggak usah minum obat anti nyeri.", "Kalau udah ditangani dokter, bakal sembuh. Gigi nggak berlubang. Napas pun kembali segar." dan segenap kalimat yang menumbuhkan keberanian. 

Begitu namaku dipanggil, ruang periksa kumasuki dengan penuh hati-hati. Selama berada di dalamnya, saya masih merasa deg-degan, "Duh, mau diapain, nih?". Ketika dokter bilang, "Sudah" dan boleh bangkit dari kursi periksa, fyuhhh... rasanya... legaaa! 

Setelah melalui tiga kali terapi, gigiku akhirnya sembuh total. Lubangnya sudah ditutup oleh dokter. Beruntungnya aku, waktu itu memilih dokter yang tepat. Beliau merawat gigiku dengan lembut dan hati-hati. Sepertinya dari gestureku selama di kursi periksa telah menyiratkan, "Hey, aku takut banget, nih! Buruan selesai." 

Sebagai bonus karena berani memeriksakan gigi, usai terapi, dokter gigiku waktu itu kasih kesempatan untuk bertanya tentang kondisi gigiku yang berlubang dan beberapa pertanyaan yang semuanya dijawab tuntas. Happy ending dan sepadanlah, antara biaya yang dikeluarkan dengan pelayanannya. Tapi, kalau disuruh balik lagi, hehehe... ogah, ah! Lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi #eh, enggak, ding. Amit-amit.  Knock-knock on the wood.

Eh, ternyata, bukan saya seorang lho yang takut sama dokter gigi. Menurut hasil penelitian British Dental Health Foundation, dokter gigi adalah dokter yang paling ditakuti oleh orang dewasa dibandingkan dokter-dokter lainnya. Sumber ketakutan orang dewasa terletak pada rasa malu dan kurang nyaman serta akibat prosedur pemboran gigi dan anestesi. Tak heran bila angka pemilik gigi sehat lebih kecil dibanding angka pemilik gigi rusak. 

Hihihi, ada temannya ternyata. 

Yuk, Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesembuhan saya dari sakit gigi akibat gigi berlubang menjadi tonggak awal komitmen saya untuk menjaga kesehatan gigi. Nggak mau ngulang yang kemarin-kemarin. Sebagai bentuk keseriusan, saya mencoba cari tahu gimana, sih, caranya merawat gigi yang benar? Seperti apa teknik menggosok gigi yang tepat? Tak hanya fokus ke gigi saja, kesehatan mulut pun turut diperhatikan. Harapan saya, kalau gigi dan mulut sehat, saya bakal terhindar dari gigi berlubang, gigi linu, gusi berdarah, dan satu lagi... bau mulut! Idih, nggak banget! 

Hmmm... ngomong-ngomong, kenapa gigi saya bisa berlubang ya?  Gigi berlubang akibat masuknya bakteri ke dalam mulut. Para bakteri tersebut melakukan proses pembakaran gula dari makanan yang masih tertinggal di dalam mulut. Hasil pembakarannya berupa asam yang bersifat merusak enamel dan melubangi gigi. Oleh sebab itu, untuk mencegah gigi berlubang, kurang konsumsi permen keras, minuman ringan, dan minuman beralkohol.

Gigi berlubang tidak hanya menimbulkan sakit gigi saja. Hal yang harus diwaspadai bila gigi seseorang berlubang dan tidak lekas ditangani adalah timbulnya gangguan kesehatan yang disebabkan oleh gigi berlubang tetapi justru tidak menyerang bagian gigi itu sendiri. Berikut penyakit yang disebabkan oleh gigi berlubang 
a. Stroke
b. Liver
c. Gangguan pada mata
d. Ginjal
e. Jantung
f. Rematik
g. Sinusitis
h. Radang gusi
i. Radang paru-paru
j. Alzheimer
k. Impotensi

Ngeri bingit! Dan masih ditambah dengan penyakit sosial. Anda pasti pernah mendengar seorang kawan di kantor atau tetangga diemohi gara-gara mulutnya "bau naga"? Atau (mungkin) Anda sendiri yang pernah mengalami?

Selanjutnya, apa yang sebaiknya dilakukan agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga? Berikut tujuh tips dari saya. Kenapa ada tujuh, awalnya bersifat kebetulan saja, tapi setelah dipikir-pikir, angka tujuh dalam bahasa Jawa adalah pitu. Pitu bermakna pitulungan (pertolongan). Semoga dengan tujuh tips di bawah ini, bisa menolong kita menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga terhindar dari gigi berlubang, gusi berdarah, bau mulut, maupun beragam penyakit lainnya.

1. Rajin gosok gigi
Well, menggosok gigi merupakan cara yang paling mudah dilakukan sekaligus murah dari segi biaya. Pun, sikat gigi menjadi perawatan paling dasar yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Benefitnya adalah memperkecil kesempatan si bakteri menggerogoti gigi. 

Aktifitas menggosok gigi sebagai upaya pembersihan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di dalam mulut sehingga proses fermentasi bakteri tidak terjadi dan plak tidak tumbuh. Gosok gigilah dua kali sehari, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur, dengan pasta gigi berfluoride.

Bagaimana cara menyikat gigi yang tepat, klik saja video Youtube di bawah ini. Video ini khusus diunduh untuk menyajikan informasi visual belajar gosok gigi sambil bernyanyi. Video ini juga bisa digunakan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak atau keponakan Anda supaya rajin menggosok gigi.


Begini Cara Menggosok Gigi
Video Pinjam dari Sini

2. Jangan berlebihan mengonsumsi makanan dan minuman manis
Saya dan Anda memang berhak mengonsumsi makanan dan minuman favorit, yang manis sekalipun. Namun, sebaiknya jangan berlebihan. Sesuatu yang sifatnya berlebih belum tentu baik, apalagi untuk tubuh. Konsumsi makanan dan minuman manis seperti permen, minuman bersoda, dan minuman beralkohol, dapat menyebabkan gigi berlubang. Jika Anda ingin mengonsumsi minuman dan makanan manis tersebut, konsumsilah dalam batas wajar.

Kebiasaan saya selama ini, setelah mengonsumsi minuman bersoda atau makanan manis, saya akan minum air bening (air mineral) banyak-banyak agar sisa-sisa makanan atau minuman yang masih tertahan di dalam tubuh lekas keluar bersama air seni atau terbawa feses. 

Saya menerapkan aturan yang wajib dipatuhi oleh diri sendiri, yakni
a.  Mengonsumsi makanan dan minuman manis sesuai takaran.
b. Mengonsumsi makanan dan minuman manis HANYA pada saat-saat tertentu (menghadiri resepsi pernikahan atau undangan jamuan makan) di mana saya harus makan atau minum manis demi menghormati pengundang atau sang tuan rumah. 
c.   Makan dan minuman manis hanya pada saat benar-benar kepingin.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan seperti strawberry, daun peterseli, seledri, brokoli, apel, dan wortel. Kandungan serat dan gizi di dalam sayur mayur dan buah menjaga gigi tetap sehat dan kuat.


3. Gunakan mouthwash 

FYI, di dalam rongga mulut manusia, terdapat kurang lebih 250 bakteri, terdiri atas bakteri baik dan bakteri jahat. Contoh kecil bakteri yang menghuni permukaan mulut manusia, antara lain Streptococus salivarius, Bakteroides gingivalis, Streptococus Mitis, Sanguis, Mutans, dan Veillonella. Mereka bersifat asidogenik dan asidurik yang menimbulkan kerusakan gigi.

Berkumur dengan mouthwash memperkuat kinerja sikat dan pasta gigi. Cairan mouthwash menjangkau area yang tidak dapat dilewati oleh sikat gigi. Dengan kandungan antiseptiknya, plak pada gigi akan ditumpas. Napas pun terasa segar. Pilih mouthwash yang memiliki kadar alkohol rendah atau zero percent.

4. Bersihkan lidah
Selain sikat gigi, terdapat satu alat yang membantu usaha Anda menjaga kesehatan gigi dan mulut. Adalah pembersih lidah atau tongue cleaner atau tongue scraper yang berfungsi untuk mencegah halitosis alias bau napas kurang sedap. Alat ini mudah digunakan dan telah tersedia di supermarket. Harganya? Lupaa. Belinya sudah lama soalnya. Maaf. :(
 
5. Memanfaatkan Live Chat Systema untuk Konsultasi Dokter 
Sampai di bagian ini, Anda pasti bertanya-tanya, apa hubungannya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan chatting?

Jelas ada!

Systema memfasilitasi kita semua untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan gigi dan mulut langsung dari ahlinya. Di forum tanya-jawab ini, Anda yang phobia sama dokter gigi nggak akan mendengar suasa dzzinnggggg melengking alatnya dokter gigi yang bikin keder atau melihat deretan alat-alat yang bikin dengkul lemes dan kuku cekit-cekit. Sebaliknya, Anda akan merasa nyaman karena konsultasi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, selama tersedia device dan jaringan internet. 

Icon Melayang Live Chat
Gambar: Pinjam dari Sini

 
Tampilan Offline Chat Room
Gambar: Pinjam dari Sini dan Sini


Kapan bisa konsultasi langsung?
Systema membuka kesempatan setiap hari Jum'at mulai pukul 13.00-15.00. Silahkan dicatat atau masukkan ke reminder biar nggak ketingggalan jadwalnya. Anda akan interaktif dengan drg. Kalya Putri, dentist cantik yang telah malang melintang di dunia kesehatan gigi. Untuk lebih meyakinkan, silahkan klik icon di bawah ini untuk mengetahui profil sang dentist

Live Chat Bareng drg. Kalya Putri
Gambar: Pinjam dari Sini



6. Ask Systema
Nggak sempat live chat dengan  drg. Kalya Putri? Jangan terburu kecewa. Masih ada kesempatan untuk bertanya seputar kesehatan gigi dan mulut. 

Anda bisa memanfaatkan fasilitas offline Systema untuk bertanya tentang kesehatan gigi dan mulut atau konsultasi masalah gigi dan mulut yang tengah dialami.

Ini dia caranya ikut offline consultation Systema

a.  Arahkan cursor ke menu "CONSULTATION", lalu klik "ASK SYSTEMA".

Tampilan pada Website Systema
Gambar: Pinjam dari Sini
b. Isi data diri dan ketik pertanyaan pada kotak yang tersedia. Jangan lupa, ketik ulang kumpulan huruf kode keamanan seperti yang tertera pada kotak. Bila kurang jelas, Anda boleh "ganti kode". Caranya cukup dengan klik "ganti kode". 


Tampilan pada Website Systema
Gambar: Pinjam dari Sini
 c. Klik kotak "KIRIM" dan selesai! Tunggu pertanyaannya dijawab. :D


7. Kunjungan ke Dokter Gigi
Minimal enam bulan sekali lakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Memang nggak bisa ditawar. Kalau saya, sih, paling ke dokter gigi pas scaling aja, sekalian konsultasi, ceki-ceki kalau ada gigi yang berlubang, tambalan gigi yang copot, atau masalah lainnya. Ya, mau ke mana lagi. Hanya dentist seorang yang bisa melakukannya. Hikss... tapi demi kebaikan, mari kita laksanakan. Chayoo!  

Dukungan Systema Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut  

Sebagai produsen produk perawatan gigi dan mulut, dukungan Systema terhadap kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia jelas dan nyata. Bentuk dukungannya berupa hadirnya rangkaian produk perawatan gigi dan mulut berharga terjangkau dan mudah didapat. Jika Systema saya sudah habis atau mendekati habis, saya tinggal "terbang" ke supermarket langganan dan produk Systema yang dibutuhkan tersedia lengkap di sana. Harganya pun nggak bikin bokek

Produk Systema Murah dan Mudah Didapat
Foto: Dokumen Pribadi Penulis


Meski harganya cukup terjangkau, rangkaian produk perawatan gigi dan mulut yang terdiri atas pasta gigi, mouthwash, dan sikat gigi, tetaplah produk yang berkualitas bahkan memiliki banyak keunggulan dibanding produk sejenis. 

Kita mulai dari Systema Nano Advanced Oral Care System. Pasta gigi keluaran Systema ini ada dua pilihan, yakni menthol breeze (kemasan warna biru) dan spring fresh (kemasan warna pink). Ukurannya pun menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen: 75g, 120g, dan 190gr. Kelebihannya apa? Pasta gigi Systema mengandung kalsium nano yang mampu melindungi gigi secara menyeluruh dan menutup lubang nano hanya dalam waktu 14 hari! Bagi Anda yang tinggal di Kota Yogyakarta dan sekitarnya, pasta gigi Systema nano dihargai mulai Rp3.350 (75g), Rp5.200 (120g), dan Rp8.250 (190g). Murah ta?

Menutup Lubang Nano dalam Waktu 14 Hari
Gambar: Pinjam dari Sini
Produk kedua adalah Systema mouthwash untuk berkumur. Systema mouthwash mengandung fluoride, IPMP, dan GK2 yang berperan dalam perlindungan kesehatan rongga mulut. Berkumur menggunakan Systema mouthwash akan mencegah bakteri berlaku jahat terhadap gigi, gusi, dan mulut Anda. Tersedia tiga varian dalam satu ukuran 250ml, yakni menthol breeze, spring fresh, dan green forest (0% alcohol). Soal harga? Masih terhitung murmer lah. Cukup bayar Rp12.440 sajah dan mouthwash Systema bisa langsung dibawa pulang. (Harga Kota Yogyakarta).

Produk Mouthwash dari Systema
Gambar: Pinjam dari Sini

Selain pasta gigi dan mouthwash, Systema punya satu produk lagi berupa sikat gigi. Tersedia dua pilihan, regular (kemasan pink) dan big head (kemasan biru). Harga lagi-lagi murah pake banget. Cukup merogoh kocek Rp8.395, Anda bisa merasakan manfaat menggosok gigi bersama Systema


Halah, sikat gigi ya sikat gigi saja. Paling sama seperti yang dijual di pasaran. 

Salah besar! Sikat gigi Systema memiliki keunggulan di banding teman-teman sebayanya. Ada empat keunggulan yang dimiliki*, yakni
1. Bulu sikat khusus untuk menjangkau dan bersihkan lebih baik.
2. Bulu sikat micro-clean memiliki daya bersih superior sepanjang garis gusi, dibandingkan bulu sikat biasa. 
3. Leher sikat dirancang panjang dan ramping yang memudahkan pencapaian daerah mulut terdalam.
4. Gagang anti slip.

Micro Clean Bristles 0,02 mm
Mampu Membersihkan Gigi Dibanding Sikat Gigi Bias
Gambar: Pinjam dari Sini

Mampu Menjangkau Celah Gigi
Gambar: Pinjam dari Sini

Berdasar pangalaman saya, memakai sikat gigi Systema regular, bulu sikat gigi Systema memang lembut, gagangnya mentul-mentul, kepala sikatnya kecil, dan enak digenggam. Pasta giginya pun lembut dan gampang lumer sehingga semua pasta yang dituang ke sikat gigi tidak ada yang terbuang percuma. Mouthwashnya apalagi. Antiseptic mouthwash spring fresh Systema akan membunuh bakteri jahat dengan menembus biofilm. Dengan kandungan alkohol yang rendah bahkan nol persen (varian green forest), Anda akan terbebas dari bau mulut, plak yang mengganggu, radang gusi, serta risiko terkena penyakit periodental lainnya. 


Rangkaian Produk Systema yang Telah Kucoba
Foto: Dokumen Pribadi Penulis

Dukungan nyata Systema ternyata tidak hanya melahirkan produk berkualitas saja. Melalui http://www.systemasolution.com/, Anda akan memperoleh beragam informasi menarik dan edukatif seputar kesehatan gigi dan mulut, konsultasi gratis dengan dokter gigi, dan direktori klinik gigi. Sayangnya, klinik gigi yang terekam di dalam direktori baru terbatas wilayah Jakarta. Semoga, dalam waktu dekat, informasinya bisa segera bertambah. (request klinik gigi di Yogyakarta) :)

Setelah membaca artikel ini dari mulai sampai usai, apa pendapat Anda tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut? 

Benar, menjaga kesehatan gigi dan mulut mudah dilakukan oleh siapa saja: Anda, saya, kita semua, dilakukan secara mandiri maupun dengan bantuan tenaga medis (dokter gigi). Dengan kesehatan gigi dan mulut yang terjaga, sama halnya dengan investasi kesehatan dimulai dari hari ini, untuk esok hari dan masa depan. Juga sebagai bentuk ungkapan syukur dan terima kasih kita kepada Tuhan yang telah menganugerahi gigi yang sehat, kuat, dan lengkap sehingga kita bisa melakukan beragam aktifitas terkait gigi dan mulut dengan baik. 

Mari dirawat sepenuh hati. 


Referensi
http://www.dentalgentlecare.com/tongue_scrapping.htm. 20 Desember 2014. 5:19 PM
http://www.systemasolution.com/news/deretan-makanan-penyebab-gigi-berlubang. 18 Desember 2014. 7:51 PM
http://www.systemasolution.com/product. 18 Desember 2014. 9:50 PM
http://www.systemasolution.com/product. 18 Desember 2014. 9:53 PM
18 Desember 2014. 10:58 PM

Youtube:
LittleBabyBum.
This Is The Way We Brush Our Teeth | Nursery Rhymes | HD Version from LittleBabyBum. Youtube. 19 Desember 2014. 10:43 PM


* Informasi dikutip dari kemasan sikat gigi Systema regular 



Artikel ini ditulis untuk diikutsertakan dalam lomba #ShareTheGoodness Blog Competition

 

2 komentar:

  1. kepada pelanggan yang terhormat

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman fleksibel dan mudah cepat yang sah? Kami menawarkan 2% Diskon, Pinjaman Kredit Usaha semua jenis', Personal Loan, Kredit Pertanian atau pembiayaan Proyek" Kami menawarkan pinjaman kepada individu, Pegawai Negeri Sipil / Umum, perusahaan di seluruh dunia. Konsolidasi Utang, meskipun Anda memiliki skor kredit yang rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal atau lembaga keuangan? Memiliki masalah dengan bank Anda, atau insitution keuangan lainnya? Kami juga membuat pinjaman kepada personil pengangguran, yang ingin startup bisnis di sana sendiri.
    Kami menawarkan pinjaman bebas stres, fleksibel dan mudah. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu. Email Anda sekaligus, kami menjamin direclty dalam 24 jam pengobatan.
    Terapkan sekarang dan mendapatkan uang tunai Anda segera.

    Hubungi kami melalui email: HalimaJamiuloancompany@gmail.com;
    Facebook: Facebook.HalimaJamiuLoanCompany
    Syarat fleksibel dan Ketentuan

    BalasHapus