Merawat Cinta Untuk Ibu Bersama Keju Kraft

10 comments
Merawat Cinta Untuk Ibu Bersama Keju Kraft-Video persalinan itu begitu indah. Personal. Romantis. Terasa emosional. Tidak ada teriakan kesakitan, tidak ada intervensi medis (unmedicated). Ibu jabang bayi terlihat tenang, tersenyum, dan terus mengatur napas. Sang suami pun mendukung penuh cinta selagi istrinya berjuang melahirkan. Dipeluknya, dipijitnya, dicium dengan mesra, dan terus didampingi. Pada menit 3:23 baby-nya crowning dan di menit 4:57 berikutnya, Aurora, begitu bayi cantik itu diberi nama, lahir sempurna ke dunia. What a beautiful birth process! Batin saya usai menjadi saksi keajaiban semesta.

Saya tidak mengenal secara pribadi pengunggahnya, apalagi mereka yang ada di dalam video tersebut. Siapa pengunggahnya atau siapa mereka para pemainnya, saya tak terlalu mempersoalkan. Cukup fokus pada rentetan adegan demi adegan di dalam video berdurasi 8:11 menit yang sukses membetot perhatian saya, mengaduk-aduk emosi saya sebagai perempuan (dan calon ibu di kemudian hari). Jika komentator mampu mengungkapkan, "Amazing!", "Beautiful", "My heart felt happy", sebaliknya terjadi pada saya. No comment at all, nggak sempat komentar, sebab saya keburu terharu, speechless hingga tanpa sadar bulir bening meluncur liar mengairi wajah.
  
Tercenung. Mata menerawang. Video persalinan tersebut tidak hanya menambah pengetahuan akan fase yang bakal dihadapi suatu hari nanti. Saya serasa diajak throwback. Teringat akan perjuangan ibu saya untuk menghadirkan saya ke dunia. Pernah, ibu berbagi pengalaman persalinan saya dan adik-adik. Namun, kekuatan visual mengalahkan penceritaan secara naratif. Saya menganggap cerita pengalaman ibu saya biasa saja, kurang heroik. Kesadaran akan kepahlawanan seorang ibu untuk anak yang dilahirkan justru didapat lewat perempuan lain. Perempuan yang tidak saya kenal. Perempuan yang darahnya tidak pernah mengalir di diriku. 



Dari video itu pula, saya diajak mengerti dan akhirnya sedikit paham mengapa anak-anak lekat dengan ibunya. Sejauh angin menerbangkan anak-anak jauh dari ibunya, ikatan batin yang kuat akan mengembalikan anak-anak itu ke haribaan ibunda. Kedekatan ibu dengan anak bisa dikatakan insting alami yang telah terjadi sejak seorang anak tercipta. Kedekatan dengan ibu yang membuat saya lebih memilih didampingi olehnya di saat-saat penting hidup saya. Ibu-ibu-ibu. Saya merasa aman bila ada ibu. Saya merasa nyaman jika bersamanya. Dan, saya berani melangkah, setelah dapat masukan dari ibu. Anaknya ibu, ya?

Untuk memelihara kedekatan dengan ibu, tentunya tidak cukup hanya bertegur sapa setiap saat. Kita harus memiliki quality time agar cinta, kehangatan, dan kebersamaan senantiasa terjaga. Dari pengalaman saya, berhubung ibu hobby bikin penganan, quality time kami nggak jauh-jauh dari urusan bikin penganan. Ibu kalau bikin penganan suka dadakan. Begitu keinginan mampir di kepala, langsung ayo aja! Seperti yang terjadi Rabu (24/6) kemarin, ibu bikin varian cemplon isi keju. Ibu bisa bikin cemplon keju dadakan begitu karena punya kebiasaan nyetok keju, baik yang slice atau cheddar.


Ibu tahu betul bahwa nyetok keju adalah tindakan yang tepat. Motivasi ibu nyetok keju tentu bukan untuk gaya-gayaan supaya dibilang mampu beli keju, supaya dibilang makannya a la Landa (Belanda-Orang Eropa). Maksud ibu tentu saja bukan seperti itu. Perspektif saya berkata, yang dilakukan ibu selama ini merupakan praktik atas pengabdiannya terhadap keluarga. Melalui "jalur" makanan dan keju, ibu ingin menyajikan pangan berkualitas untuk keluarga terlebih anak-anaknya. Di balik kelembutan dan gurihnya keju, tersimpan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang manusia. Bagi anak-anak, nutrisi di dalam keju berguna untuk membangun tulang yang kuat, sedangkan bagi orang dewasa menjaga agar tulang selalu kuat dan sehat. Klop, deh!

Keju, yang konon berasal kawasan Timur Tengah dan telah menjadi konsumsi manusia sejak 8.000 tahun silam ini, kaya akan kalsium dan vitamin D. Sebagai bagian dari mineral, kalsium dibutuhkan untuk pembentukkan tulang, pembekuan darah, pengiriman pesan oleh saraf, dan muscles contract. Kebutuhan kalsium masing-masing orang berbeda, tergantung jenis kelamin dan usia (cek kebutuhan kalsium di sini). Sumber kalsium terbaik berasal dari makanan yang mengandung susu, contohnya keju. Adapun vitamin D berfungsi untuk perlindungan tulang dan penyerapan kalsium. Kekurangan vitamin D menyebabkan kepadatan tulang berkurang dan rentan mengalami patah tulang. Sama seperti kalsium, vitamin D bisa diperoleh dari makanan yang mengandung susu. Jumlah kebutuhan vitamin D dapat dibaca di sini, begitu pula dengan orang-orang yang berisiko tinggi mengalami kekurangan vitamin D.

Tahan lama dan mudah disimpan, keju bisa dimanfaatkan kapan saja dan dibuat untuk penganan apa saja. Flexible. Yang paling praktis tentu saja untuk isian roti tawar (keju potong atau parut atau slice, ditaruh atau ditabur di atas lembaran roti beralas mentega, lalu ditambah mayonaise-saus atau susu kental manis sebagai topping-nomnomnom). Selain sebagai isian roti tawar, keju bisa dipakai untuk bahan pembuat bolu, cake, cookies, serta aneka penganan lainnya termasuk cemplon keju. Dengan sedikit sentuhan kreatifitas, perpaduan antara singkong dan Kraft Singles BBQ Chicken Rasa Ayam Panggang yang lumer di dalam menghasilkan cita rasa yang unik! Tertarik mencoba? 

Resep Cemplon Isi Keju Kraft A La Ibunya Ratri
Bahan:
1/2 kg singkong, parut
1/2 bulat kelapa muda, parut
garam & gula secukupnya (sesuai selera) 
Kraft Singles BBQ Chicken Rasa Ayam Panggang, iris persegi

Cara Membuat:
Campur singkong parut, kelapa parut, garam, dan gula
Bentuk bulat-bulat lalu masukkan isian keju
Goreng hingga matang, tiris, sajikan
Taraaa! Cemplon Isi Keju Kraft
Tandas dimakan Barengan

Kraft, sebagai produsen keju olahan berkualitas, menawarkan beragam pilihan untuk aneka kebutuhan, yakni Kraft Bakery (blok, 2 kg), Kraft Cheddar (175 gr), Kraft Cheddar Mini (blok, 2 kg), Kraft Quick Melt (blok, 180 gr), Kraft Singles (lembaran-singles regular; 3, 6, dan 12 lembar), dan Kraft Singles Rendah Lemak (lembaran, 12, 200 gr). Kraft Singles BBQ Chicken Rasa Ayam Panggang, yang dipakai untuk isian cemplon bagian dari Kraft Singles isi 6 lembar (100 gr) yang cocok dipakai sebagai pengisi roti dan camilan. Jikalau kepentok menu, biar nggak bosen menemui yang itu-itu saja, bisa tengok kumpulan resep berbahan keju yang mudah ditemukan di berbagai sumber di internet, satu contoh, di situs http://www.kejumooo.com/resep.






Satu pelajaran berharga didapat dari ibu. Pelajaran berharga yang implisit, tidak menggurui, tetapi pesannya sampai ke receiver. Kurang lebihnya seperti ini: Jangan bikin makanan hanya demi memenuhi unsur kenyang, tetapi masak dan sajikan di meja makan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Memang harus mau repot, keluar dana lebih, dan butuh lebih banyak waktu berkutat di dapur. Namun, ketika mendapati anak-anak tumbuh sehat, terpenuhi gizinya, keluarga bahagia, segenap pengorbanan tadi tidaklah sia-sia.  
Saya berusaha agar pengorbanan ibu tidak sia-sia. Apa pun masakan ibu, saya selalu memakannya. To me, it's a part of giving back to my mommy.  Tak lupa kulayangkan pujian yang datangnya tulus dari dalam hati. Karena, kelak, saya akan berdiri di posisi ibu saat ini. 

Memanfaatkan momen Lebaran nanti, tidak ada salahnya giving back to mom dengan cara berbeda dari hari biasanya. Saya punya ide "gila" yang siap dieksekusi: Cheese Party, yakni mengajak ibu membuat sajian Lebaran bergizi berbahan keju Kraft: kue kering (nastar, kaastengels, dan sagu keju) dan American Risoles. Keduanya akan menjadi penganan pendamping ketupat, opor ayam, dan sambal goreng krecek-ati. Jika biasanya ibu yang membeli keju, saya telah menawarkan diri membelikan kejunya, Kraft Cheddar

Kraft Cheddar, yang namanya berasal dari nama desa di Somerset Inggris ini, mengandung kalsium 20% AKG dan vitamin D 6% AKG. Memiliki karakteristik kandungan airnya antara 35-40%, relatif keras, dan berwarna kuning pucat hingga putih gading, cheddar menjadi keju olahan (processed cheese) yang cocok untuk bahan makanan sarapan, hidangan utama, dan sajian ringan. Pembelian Kraft Cheddar dapat dilakukan di minimarket, supermarket atau hipermarket terdekat. Kraft Cheddar dapat dikonsumsi berulang dengan penyimpanan sebelum kemasan dibuka, bisa disimpan di dalam kulkas, tetapi bila kemasan telah dibuka, masukkan keju ke dalam wadah kedap udara agar tidak mengeras, baru masukkan ke dalam kulkas (keep refrigerated after opening). 
Kraft Cheddar dibuat dari keju yang mengandung manfaat baik dari susu. Mengandung kalsium yang berperan dalam pembentukan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi (Sumber dari kemasan Kraft Cheddar).




Duh, nggak sabar rasanya ingin segera berbuat keramaian di dapur dan meja makan (tiap kali bikin kue kering, bolu, cake atau penganan lainnya, meja makan dijadikan area meracik adonan). Kami tak ubahnya tengah terlibat di dalam suatu perayaan. Tidak hanya merayakan datangnya hari kemenangan, di dalamnya kami merayakan kebersamaan, mewujudkan bahagia, menggenapi kehangatan, dalam upaya merawat cinta terhadap ibunda. Quality time yang sederhana. Tidak berlebih. Yang penting, terpetik makna dan rasa atas sesuatu yang dinamakan giving back to mom. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda giving back to your mom? Kalau belum, lekas lakukan. Ssstt... jangan lupa sertakan Keju Kraft, ya![]


Referensi:
http://www.kejumooo.com/produk/kraft-bakery. 23 Juni 2015. 16:16
http://www.kejumooo.com/produk/kraft-cheddar. 23 Juni 2015. 16:17
http://www.kejumooo.com/produk/kraft-cheddar-mini. 23 Juni 2015. 16:20
http://www.kejumooo.com/produk/kraft-quick-melt. 23 Juni 2015. 16:21
http://www.kejumooo.com/produk/kraft-singles. 23 Juni 2015. 16:27
http://www.kejumooo.com/produk/kraft-singles-rendah-lemak. 23 Juni 2015. 16:31
http://www.kejumooo.com/bantuan. 23 Juni 2015. 16:36
http://www.kejumooo.com/bantuan. 23 Juni 2015. 16:37
http://www.kejumooo.com/bantuan. 23 Juni 2015. 16:41
http://ncccheeseweeks.blogspot.com/p/rules-of-game-ncc-cheese-weeks_7.html. 24 Juni 2015. 14:20
http://ncccheeseweeks.blogspot.com/p/type-keju.html. 24 Juni 2015. 14:26
http://nof.org/calcium. 26 Juni 2015. 19:53

10 komentar:

  1. ah bagus sekali artikelnya Ratri, lengkap kaaap. saya yang blogger newbie ini jadi belajar banyak gimana menulis review produk, keren:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya, Teh. Saya pun masih harus banyak dan terus belajar. Dibanding Teteh, saya belum ada apa-apanya. Ciyuss! Kita sama-sama belajar, ya, Teh. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir di sini. Salam. :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya Mbak Fenny. :)

      Hapus
  3. Aku kok tertarik dengan video gentle birth itu ya, mbak. Mungkin ada di tulisan di atas ya? karena ada semacam ikon yang nggak bisa saya buka di tulisan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya memang tidak mencantumkan link apa pun yang mengarah ke video gentle birth. :)

      Kalau Mbak Donna tertarik berkenalan dengan gentle birth, bisa searching di Ytube channel, dengan mengetik gentle birth, home water birth, natural birth at home atau unmedicated birth, Mbak Donna bisa menyaksikan beragam proses kelahiran yang lembut, ibunya mampu memberdayakan diri, dan waktunya sesuai maunya adik bayi.

      Khusus bayi Aurora, seperti yang telah diceritakan pada bagian opening, link-nya berikut ini.

      https://youtu.be/iqw5tApIbHI?list=PLnCd1wSyt6KrV1Xx760jR2cOn7s5dnGTr

      Semoga jawaban saya membantu. Bila masih ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan-sungkan mencolek saya kapan pun. Insya Allah, akan dibantu sebisa dan sependek pengetahuan saya. :)

      Terima kasih atas kunjungannya. :)

      Hapus
  4. saya selalu stok keju kraft di rumah. Karena anak-anak suka dan bisa diolah menjadi banyak variasi makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss Mbak Chi! Nyetok keju Kraft hukumnya wajib numero uno. Selain bisa diolah jadi beragam makanan, keju Kraft juga enak digadoin. Kalau dah makan keju, berasa kayak tikus Jerry di kartun Tom & Jerry hehehehe

      Hapus
  5. Wahhh selamat ya mba Ratri juaraaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mak Irits. Dapet THR euy... :D :D :D

      Hapus