Promo Menarik di Blibli.com Bikin Belanja Online Tambah Asyik

7 comments
Anak-anak yang masih berusia balita dan tidak bisa ditinggal di rumah sendirian menjadi alasan Ina (30) memilih berbelanja online ketimbang mengunjungi pusat perbelanjaan di kota tempat tinggalnya saat ini. Ibu sepasang bocah lucu ini memilih "jalan pintas" tiap kali membeli pakaian, jilbab, makanan, termasuk obat-obatan. Berawal dari media sosial Facebook, percakapan dilanjut melalui aplikasi pesan instan BBM dan/atau Line. Lain halnya dengan Arti (31) yang memilih berbelanja online lantaran tergiur barang yang bagus dan harganya yang murah. Perempuan yang berprofesi sebagai admin ini lalu mentransfer sejumlah uang setelah ketertarikan pada objek belanja timbul. 

Ina dan Arti mewakili sekian banyak perempuan yang memiliki pengalaman belanja online. Saya pun memiliki pengalaman serupa. Sekitar tahun 2011-an, saya gandrung belanja online lewat Facebook. Adalah pernak-pernik unyu macam scarf, anting model tusuk, gelang rantai, dan sepatu yang dibeli, dengan dasar pemikiran, barang-barang pilihan saya jarang ditemui di pasaran. Personalize istilahnya. Kalau dipakai, jarang ada yang menyamai, paling tidak di lingkungan sekitar saya.

Apakah perempuan saja yang memanfaatkan belanja online? Ternyata tidak. Laki-laki pun ada yang berbelanja online. Reza (27) contohnya. Laki-laki berkacamata ini memilih berbelanja online dengan alasan mudah, praktis, dan cepat. Dalam setahun terakhir, kurang lebih lima kali dia melayangkan order ke online shop maupun situs e-commerce untuk pembelian powerbank, aksesori handphone, dan pakaian. Metode pembayaran dengan cara transfer melalui ATM atau internet banking. Adapun Yuzha (25) berbelanja online di forum jual beli untuk dijual kembali.


Setiap Hari Dikelilingi Berbagai Penawaran Belanja Lho! Iya, Nggak? :)
Gambar: Dokumentasi Pribadi Ratri Puspita
Soal anak, murah, mudah, praktis, personalize, dan cepat menjadi motivasi tiap-tiap orang dalam melakukan belanja online. Ketika saya mencari tahu alasan belanja online lebih dalam lagi, didapat beragam alasan lainnya. Saya cuplik beberapa untuk Anda. 
1. Nyaman (convenience): tidak perlu antre, tidak terjebak dalam keramaian orang berbelanja, dan tidak perlu mencari tempat parkir
2. Harga jauh lebih bersahabat (better prices): bisa mendapat barang sejenis dengan harga jauh lebih murah. Itu pun free ongkos kirim
3. Banyak pilihan (variety): ukuran, warna, maupun model. 
4. Lebih hemat: Tidak perlu keluar dana tambahan untuk bayar parkir, bayar tol, naik kendaraan umum atau beli bensin
5. Bisa membandingkan harga (comparison of prices); fitur dan fungsi produk; melongok review; dan mendapat info terbaru hanya dengan clicking the mouse atau menggerakkan jemari
6. Tidak ada batasan waktu: belanja bisa dilakukan kapan saja (24/7) dan di mana saja. Mau belanja tengah malam di luar jam operasional toko? Fine! Belanja sambil makan donat? Siapa melarang?
7. Bebas berpakaian apa saja: bebas mau berpakaian apa saja. Daster mungkin? atau piyama? Terserah Anda!
8. Bisa pesan makanan lokal: (baca kembali alasan Ina berbelanja online)


Tersebutlah jua sisi nikmat dari berbelanja online. Sisi nikmat yang belum tentu dirasakan bila memilih belanja offline. Diiyakan atau tidak, tren belanja online nyatanya mampu mengubah perilaku manusia, yang awalnya masuk ke pusat perbelanjaan menjadi datang ke alat (smartphone, tablet, desktop atau laptop) yang mampu menghubungkan dirinya dengan tempat yang menawarkan kenikmatan tadi, yakni situs belanja online. Barangkali inilah yang dinamakan gaya belanja masa kini. Situs belanja online tak ubahnya mall, di mana kebutuhan para shopper, seperti keperluan pribadi, hobi, kesehatan, hingga kebutuhan rumah tangga, tersedia hanya di satu tempat saja. Dan mall online itu adalah blibli.com.


Tampilan Wajah Website blibli.com
Gambar: Pinjam dari Sini

blibli.com merupakan e-commerce berkonsep mall (online shopping mall) yang BIG CHOICES. Tersedia 40.000 produk pilihan dan lebih dari 100.000 produk original favorit dari 11 kategori (handphone & tablet, kamera, komputer & laptop, peralatan elektronik, fashion pria, fashion wanita, kesehatan & kecantikan, ibu & anak, hobi & olahraga, otomotif, dan kuliner). Tiada mengherankan bila blibli.com menjadi toko online terlengkap dan masuk ke dalam jajaran Top 10 Situs Belanja Online yang Sering Dibicarakan di Twitter September 2014.

Wujud komitmen blibli.com terhadap para shopper ialah dengan menghadirkan konsep belanja yang ASYIK, yakni belanja online yang aman, nyaman, mudah, dan menyenangkan; di mana saja dan kapan saja. Belanja online yang aman, nyaman, mudah, dan menyenangkan; di mana saja dan kapan saja inilah yang didamba oleh masyarakat (bandingkan dengan motivasi orang berbelanja online pada alinea sebelumnya) selama ini. Bersama blibli.com, para shopper akan memperoleh pengalaman belanja online yang berkesan. Lalu, konkretnya, seperti apa gaya belanja asyik a la blibli.com?


BELANJA ASYIK ITU...
 
sama si M-A-N. Siapa, sih, si M-A-N itu? Dia adalah Mudah-Menyenangkan-Aman-Nyaman. Tujuannya tak lain agar para shopper betah berlama-lama, lalu borong belanjaan dari blibli.com.

MUDAH. Website blibli.com yang dirancang user friendly dibekali fitur-fitur khusus situs e-commerce skala besar. Fitur-fitur tersebut sebagai panduan yang meMUDAHkan para shopper sepanjang menyusuri ruang pamer e-commerce yang logonya bergambar kantong belanja warna biru ini. Mau belanja kapan saja dan di mana saja, MUDAH!
a. Customer care: Customer care blibli.com siap siaga 24/7 dari hari Senin-Minggu. Para shopper bisa memanfaatkan layanan by phone atau e-mail untuk konsultasi soal produk, program belanja, promo, diskon hingga mekanisme pembelian.
b. Live chat: Menghubungi tim Customer Care blibli.com tak perlu lagi menunggu waktu lama. Para shopper dapat memanfaatkan layanan live chat.
c. Social media links: Ingin selalu terhubung dengan blibli.com? Ikuti melalui media sosial dan dapatkan informasi terbaru.
d. Metode pembayaran: blibli.com menawarkan kemudahan dalam pembayaran. Ada lima metode pembayaran yang bisa dipilih: internet banking, kartu debit/kredit, cicilan 0%, transfer ke virtual account, dan uang elektronik.
e. Jasa pengiriman: pengiriman barang bisa dilakukan melalui jasa logistik partner, merchant partner, dan BOPIS (Buy Online Pick-up In Store).
f. Pengembalian produk: Sejak terbit UU Perlindungan Konsumen tahun 1999, nggak zamannya lagi "barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan." E-commerce terpercaya seperti blibli.com telah menerapkan pengembalian produk in case ada kerusakan barang (defect on arrival), spesifikasi atau kelengkapan tidak sesuai. Return policy-nya diatur di sini.











MENYENANGKAN. Bukan blibli.com namanya kalau tidak mampu menyenangkan hati para shopper. Belanja di blibli.com terasa menyenangkan karena:
a. Freebies: blibli.com memberikan voucher gratis senilai 100K kepada para shopper yang telah melakukan registrasi newsletter. Caranya? Tinggal masukkan e-mail saja. Ketentuan mengenai voucher dapat dibaca di sini.
b. Cicilan 0%: Salah satu metode pembayaran blibli.com adalah cicilan 0% hingga 6-12 bulan dari berbagai bank penerbit kartu kredit (cek di sini). Lumayan, kan, dengan tenor cicilan up to 12 bulan, para shopper bisa mewujudkan keinginan membeli gadget, kamera, televisi LED, home theater, notebook, perlengkapan olahraga atau barang kebutuhan lainnya.
c. Gratis pengiriman: Domisili di luar Jabodetabek? Nggak masalah! blibli.com akan men-delivery barang belanjaan para shopper tanpa dikenai ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Apa saja syarat dan ketentuannya? Silakan baca di sini.
d. Best Deals: blibli.com menawarkan BIG DEALS bagi para shopper dalam bentuk diskon gede atau cashback. Baru-baru ini, blibli.com memberikan cashback senilai Rp1.500.000 untuk pembelian LED TV dan diskon hingga Rp300.000 untuk pembelian kamera. Tentunya masih banyak diskon lainnya bila para shopper langsung berkunjung ke website blibli.com. Jangan dianggurin, guys, manfaatkan yuk!
e. Rewards: sebagai bentuk apresiasi, blibli.com akan memberikan rewards kepada loyal shoppers. Rewards berupa poin yang dapat ditukar kupon belanja. Informasi lengkap, silakan baca di sini






AMAN. Menjadi hal yang wajar bila calon konsumen ragu sebelum memutuskan belanja online. Tidak terbiasa, nggak yakin dengan reputasi e-commerce atau pernah mendapat pengalaman buruk saat berbelanja online bisa menjadi penyebabnya. Pelaku bisnis e-commerce harus bisa meyakinkan calon konsumen kalau belanja online di tempatnya terjamin keamanannya. Berikut cara blibli.com meyakinkan calon konsumen bahwa blibli.com adalah e-commerce yang aman dan trusted.
a. Security system: blibli.com menjamin keamanan segenap shopper yang bertransaksi dengannya dengan sertifikasi VeriSign, Verified by VISA, MasterCard SecureCode dan Credit Card Fraud Detection System. Website blibli.com pun telah diverifikasi oleh idEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia) dan Symantec Corporation. AMAN!
b. Siapa yang menjalankan e-commerce store: blibli.com adalah B2C (bussiness to consumer) e-commerce dijalankan oleh PT Global Digital Niaga.
c. Alamat fisik: blibli.com beralamat di Jalan Aipda K.S. Tubun II C No. 8 Jakarta Barat 11410
d. Nomor telepon yang bisa dihubungi: Ada 2 nomor telepon yang bisa dihubungi, yakni 0804 1 871 871(customer care) dan (021) 25670088
e. Apakah mereka menjalankan bisnisnya di Indonesia?: Jelas, dong! Lihat kembali poin b
f. Jumlah followernya di media sosial?: sampai tanggal 8 Juni 2015 jam 17:40, blibli.com telah memiliki jumlah follower sebanyak 158.496 di Twitter dan sebanyak 411.556 ngelike di Facebook Fanpage.
g. Logo jelas: untuk branding, blibli.com pakai logo dan font khusus, jelas, dan tetap. Logo berupa kantong belanja diikuti tulisan "blibli.com". Font yang digunakan berbeda jenis. Font "blibli.com" kecil semua dan tagline huruf kapital semua. Warna dominan biru.







NYAMAN. Menjelajah blibli.com sungguh nyaman. Desainnya mengikuti desain website e-commerce yang user friendly, dapat diakses dari berbagai device (mobile friendly), laman muka nggak "penuh" barang dagangan yang justru bikin mata lelah. Lebih lanjut, plus-plusnya website blibli.com saya tampilkan ke dalam 14 poin berikut.

a. Produk terkategorisasi: blibli.com jualan apa saja, sih? Pertanyaan para shopper newbie biasanya kayak begini, nih. Nah, jawaban para shopper akan ditemukan di bagian "Kategori Belanja" di sisi kiri. "Kategori Belanja" menampilkan 11 jenis produk yang dijual blibli.com.
b. Search menu: bila kamu pengin flash shopping, manfaatkan search menu box untuk barang yang ingin dicari. Misalnya, nih, mau beli ransel, langsung saja ketik "ransel" kemudian enter atau klik ikon lup. Mesin pencari akan menampilkan produk tas yang dijual blibli.com. Tuh, lihat, ada yang lagi didiskon 80%. Grab itu fast!
c. Shopping cart: Shopping cart wajib ada untuk situs e-commerce, yang berfungsi sebagai wadah tampung barang-barang belanjaan. Fasilitas yang sifatnya basic. Bentuk shopping cart macem-macem. Lazimnya, sih, berbentuk kereta belanja atau troli (that's why it named shopping cart). Namun, sebagai bentuk kreatifitas, ikon shopping cart bisa berbentuk kantong belanja, tas belanja, dan keranjang belanja. Khusus blibli.com, shopping cart yang diletakkan di sebelah kanan search menu box berbentuk tas belanja warna biru. Namanya si bag. Dia selalu membagi senyumnya buat para shopper. :)
d. Rotating homepage banner: Memasuki website blibli.com, para shopper disambut dengan gambar bergerak yang isinya lebih ke penawaran produk. Rotating homepage banner berperan memudahkan para shopper yang berburu best deals atau promo produk. Kalau nyempil, mana ada yang tahu? Ya, kan? Ya, dong!
e. Fitur produk: penting banget untuk tahu fitur produk. Apa pun itu. Jangan sampai beli kucing dalam karung. Misalnya mau beli kamera mirrorless di blibli.com, fitur produk ditampilkan dalam detail produk bersamaan dengan nama produk, harga, cicilan, garansi, foto produk berbagai sisi, spesifikasi, dan deskripsi. Untuk ukuran informasi pertama terbilang lengkap. Masih ada yang ingin ditanyakan? Call customer care
f. FAQ: Frequently Asked Questions (FAQ) adalah kumpulan-kumpulan pertanyaan yang kerap ditanyakan shopper. Luangkan waktu untuk membaca FAQ agar tidak terjadi pertanyaan berulang. Apa saja FAQ yang ada di blibli.com? Silakan cek in di sini, sini, sini, sini, sini, sini, sini, sini, dan sini. Lengkap dan informatif. Once, kalau masih ada pertanyaan di luar FAQ, please call customer care!         
g. Social reviews: Review (ulasan) dari masyarakat (baca: pembeli sebelumnya) juga nggak kalah penting lho! Bagi para shopper, social reviews menjadi bahan pertimbangan jadi tidaknya membeli. Tidak hanya untuk para shopper saja, bagi produsen dan penjual, ulasan akan menjadi feedback berharga untuk proses produksi, perbaikan kualitas, dan proses penjualan selanjutnya. Blibli.com menampilkan ulasan produk seruang dengan produk yang diulas.
h. Recommend product: Acapkali para shopper bingung, saking banyaknya pilihan, sebaiknya pilih produk yang mana ya? Inilah kegunaan recommend product. Blibli.com menampilkan 11 produk rekomendasi di laman utama. 
i. My Account for Customer: Dengan menjadi member, para shopper akan mendapat fasilitas eksklusif berupa poin blibli rewards. Cukup mengetikkan e-mail dan kata sandi pada kotak yang tersedia. Kalau nggak mau ribet dengan various password, sign in aja pakai akun Facebook (bila ada). Nikmati keuntungan menjadi member blibli.com dan blibli rewards.
j. Related items: Tiap kali clicking suatu produk di blibli.com, para shopper akan menemukan related items di bagian bawah. Related items ini berperan memberi tahu para shopper bahwa masih ada pilihan lain yang semodel atau semerek. 
k. Recently viewed items: Recently viewed items jadi semacam rekam jejak para shopper selama berkunjung ke website blibli.com. Sebelum klik produk Z, para shopper cari produk apa saja, semua ditampilkan. Seandainya pengin go back ke produk yang diklik sebelumnya, para shopper nggak perlu repot-repot searching ulang. Praktis yah!
l. Produk terpopuler: Produk terpopuler bisa ditemukan di bawahnya searching menu box. Persis di bawahnya. Kecil memang. Hehehe. Produk terpopuler bisa merupakan produk yang paling dicari oleh para shopper. Selebnya blibli.com. Katakanlah demikian.
m. Berita terkini: Latest news lebih banyak didapat bila para shopper terkoneksi dengan akun media sosial blibli.com. Website hanya menampung segelintir advertorial dalam bentuk banner berjalan (rotating homepage banner). Stay connected with official social media account blibli.com to get more and more latest news
n. Brand product: Jangan harap menjumpai barang "KW" ya, karena blibli.com sudah commit hanya menjual barang ori alias ASLI dari brand-brand ternama (temukan brands pilihan di sini). Udah asli, murah lagi. Gimana nggak bikin hepi... :)




TAMBAH ASYIK dengan

PROMO! Program promo menarik setiap hari menjadikan blibli.com berbeda dengan e-commerce lainnya. Karena pasti promo, promonya pasti, belanja online di blibli.com makin mengasyikkan. Program promonya terjadwal sehingga para shopper tahu pasti kapan saatnya belanja hemat. Menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H, blibli.com mengadakan promo kejutan yang siap diwujudkan kapan saja, di mana saja. 
a. MONDAY MOM'S DAY: Senin menjadi hari istimewa teruntuk ibu dan anak, sebab blibli.com memberikan diskon istimewa mulai jam 00.00-23.59 untuk berbelanja perlengkapan rumah tangga, kebutuhan anak, ragam kuliner, fashion buat Mommy, peralatan elektronik, produk kesehatan & kecantikan, maupun gadget favorit.   
b. RABU CANTIK: bagi para shopper yang ingin tampil cantik, trendy, tapi tetap hemat, manfaatkan promo RABU CANTIK untuk berbelanja di blibli.com mulai jam 00.00-23:59.
c. KAMIS GANTENG: blibli.com nggak pilih kasih, kok. Semua kebagian promo. Kalau Mommy and kakak-kakak cantik dapat promo spektakuler di hari Senin dan Rabu, mas-mas ganteng dapat promonya saban hari Kamis, mulai jam 00.00-23.59. Dapatkan diskon  40 produk pilihan dari kategori fashion pria, gadget, alat elektronik, otomotif, dan keperluan olahraga tiap minggunya. Masih kurang? Ikuti promo flash sale untuk mendapat diskon gila. 
d. FUN WEEKEND DEAL (FWD): Akhir pekan saatnya ikutan promo tematik FUN WEEKEND DEAL yang berlaku mulai hari Jumat jam 15.00 sampai hari Minggu jam 23:59. khusus produk tematik.
e. BERKAH (Beragam Kejutan Hemat): Menyambut Ramadhan, blibli.com nambah promo lagi, nih! Namanya BERKAH yang berlaku mulai tanggal 8 Juni-15 Juli 2015. Sambut Ramadhan dengan diskon menarik produk muslim & muslimah, kecantikan, otomotif, elektronik, keperluan ibu & anak, maupun perlengkapan rumah tangga. 

Jika disimpulkan, rumus belanja asyik di blibli.com adalah MANTAP >> Mudah-Menyenangkan-Aman-Nyaman Tambah Asyik dengan Promo. Kalau sudah MANTAP, belanja online di mana saja dan kapan saja terasa mengasyikkan. Cara belanjanya menurut infografik di bawah ini.

 
Video: Pinjam dari Sini

Video: Pinjam dari Sini

Demikianlah, belanja online tak lagi dipandang sebelah mata. Posisinya kini sejajar dengan cara belanja konvensional. Sebagai alternatif usaha pemenuhan kebutuhan, kelebihan yang ditawarkan menjadikan belanja online menemui kemuliaannya di era serba digital saat ini. Namanya begitu harum dan orang-orang lambat laun mafhum dengan kehadirannya yang tak lagi menuntut kehadiran fisik manusia. Kumandangnya di seantero jagad terdengar merdu di indra. Tampilannya terlihat lezat di depan mata. Maka, jangan salahkan situasi, bila setelah transaksi terjadi, Anda akan kembali belanja lagi dan lagi. blibli.com, BIG CHOICES, BIG DEALS. []

Artikel Ini Diikutsertakan ke dalam blibli.com Blog Competition 

Referensi



https://www.blibli.com/. 4 Juni 2015. 20:54


7 komentar:

  1. Saya juga sudah cobain beli oven di blibli.com :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktis ya, Bu, bisa beli oven online. Tinggal tunggu di rumah, barang datang sendiri, eh, dianter kurir hehehe...

      Hapus
    2. Selamat siang, maaf boleh minta bantuannya untuk mengisi kuesioner tugas akhir saya mengenai blibli.com? thx sekali atas waktunya :) link -> http://goo.gl/forms/kPO9ZPKGnA

      Hapus
  2. wih, moga menang mba Ratri, pengin ikutan sih, waktu itu pernah beli tripod kamera via blibli, tapi sayang, lombanya udah lewat.Tabik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lain waktu dikasih kesempatan ikut ya, Bu Nora. Jangan khawatir. :)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Selamat siang, maaf boleh minta bantuannya untuk mengisi kuesioner tugas akhir saya mengenai blibli.com? thx sekali atas waktunya :) link -> http://goo.gl/forms/kPO9ZPKGnA

    BalasHapus